Monday, July 31, 2017

Sosialisasi Meales Rubella


            Apa Itu Kampanye Imunisasi MR? Kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) adalah suatu kegiatan imunisasi secara masal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan <15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya(http://kesmas-id.com/bulan-kampanye-imunisasi-measles-rubella-mr/).
          Didesa Romben Rana Kecamatan Dungkek sendiri banyak anak-anak dan orang yang lanjut usia yang mempunyai anak kecil, yang membutuhkan sosialisasi dan pengarahan tentang Measles Rubella. Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian. Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan.
         
            Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus. 
            Sosialisasi MR dilaksakan oleh para bidan, dokter, dan perawat dari Puskesmas  Dungkek serta dibantu ibu-ibu PKK Desa Romben Rana. Karena bertepatan dengan adanya pelaksanaan KKN dari UTM kelompok 75, ibu-ibu PKK tidak mau kehilangan kesempatan untuk mengajak beberapa mahasiswa dan mahasiswi membantu pelaksanaan sosialisasi.

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.