Sunday, July 30, 2017

Renovasi Pemecah Ombak


Pemecah gelombang atau dikenal sebagai juga sebagai Pemecah ombak adalah prasanana yang dibangun untuk memecahkan ombak / gelombang, dengan menyerap sebagian energi gelombang. Pemecah gelombang digunakan untuk mengendalikan abrasi yang menggerus garis pantai dan untuk menenangkan gelombang dipelabuhan sehingga kapal dapat merapat dipelabuhan dengan lebih mudah dan cepat (https://id.wikipedia.org/wiki/Pemecah_gelombang ). 

Pemecah gelombang harus didesain sedemikian sehingga arus laut tidak menyebabkan pendangkalan karena pasir yang ikut dalam arus mengendap di kolam dekat para nelayan menyandarkan perahu mereka. Jika terjadi maka untuk melayarkan kembali perahu nelayan haarus dilakukan pengerukan secara reguler.


Pemecah ombak di dusun Manteki ini di bangun pada tahun 2016. Bisa dibilang masih lumayan baru, tetapi bangunan dari pemecah ombak ini sudah membutuhkan perhatian lebih, sehingga diperlukan adanya renovasi.


Di desa Romben Rana, tepatnya dusun Manteki melakukan renovasi secara bertahap terhadap pemecah ombak. Bagi para nelayan di dusun Manteki ini pemecah ombak sangat bermanfaat, karena dengan adanya pemecah ombak akan membuat ombak menjadi lebih tenang sehingga kapal dapat merapat di pelabuhan dengan lebih mudah dan cepat. Dan tidak kalah penting, pemecah ini berguna untuk mengendalikan abrasi di sepanjang garis pantai di Dusun Manteki, Romben Rana.


Karena dengan adanya renovasi ini membuat stabilitas garis pantai di salah satu dusun Desa Romben Rana Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep.

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.